Uncategorized

Alasan Paling Tepat Untuk Pindah Kerja

Dalam urusan karir, tak jarang ditemui fenomena karyawan yang keluar masuk dari satu perusahaan ke perusahaan lainnya. Pindah kerja bukanlah hal yang aneh. Seorang karyawan tentu memiliki motivasi masing-masing dalam perjalanan karirnya. Pindah kerja tak melulu karena alasan gaji yang kurang, banyak faktor di luar materi yang melandasi seseorang ingin pindah ke perusahaan lain.

Terkadang, kenyamanan dalam bekerja adalah alasan utama seorang loyal pada satu perusahaan hingga bertahun-tahun lamanya. Kendati demikian, ketika memilih untuk memutuskan pindah kerja, perlu ada pertimbangan matang. Selain itu, sebaiknya Anda menyampaikan alasan pengunduran diri yang masuk akal ke perusahaan tempat bekerja saat ini. Berikut beberapa alasan yang tepat ketika harus memutuskan untuk pindah kerja.

Mendapat tawaran yang lebih baik
Bagi seorang pekerja profesional, mendapatkan tawaran pekerjaan seringkali datang secara tiba-tiba. Kalau tawaran pekerjaan baru dirasa lebih menjanjikan, siapa yang tidak tergiur untuk mempertimbangkannya. Tawaran yang lebih baik termasuk di antaranya tawaran gaji yang lebih tinggi, budaya perusahaan yang mendukung Anda, suasana kerja yang nyaman, peluang meniti karir yang lebih prospektif, dan sebagainya.

Selain itu, setiap perusahaan tentunya memberikan fasilitas-fasilitas yang berbeda kepada karyawannya. Sebut saja fasilitas asuransi, uang transportasi, bonus, hingga tawaran pendidikan. Faktor-faktor inilah yang bisa jadi alasan tepat untuk pindah kerja. Apalagi, jika karyawan mendapati dirinya dalam posisi yang sulit berkembang di tempat kerja saat ini.

Terkadang, banyak pula alasan pindah kerja karena masalah jarak yang berkaitan dengan transportasi. Jarak yang jauh dari rumah ke kantor bisa juga jadi alasan logis mengapa seorang karyawan memilih pindah kerja meski sudah mendapatkan berbagai fasilitas plus kenyamanan kerja. Satu yang pasti, jangan terburu-buru dalam memutuskan untuk pindah kerja. Pastikan perusahaan baru memberikan penawaran yang lebih baik.

Pekerjaan ini tidak sesuai dengan Anda
Karyawan juga manusia, bukan robot. Banyak karyawan mendapati dirinya dalam situasi melakukan rutinitas pekerjaan yang sebenarnya tak sesuai dengan keinginan. Jika kondisi ini dibiarkan cukup lama, rasa jenuh pasti muncul.

Mendapat tawaran kerja di perusahaan lain dengan pekerjaan yang sesuai keinginan tentu menyenangkan. Apalagi bila tawaran kerja yang Anda terima terlihat lebih baik dan menguntungkan dibandingkan pekerjaan yang saat ini Anda miliki.

Tak perlu merisaukan anggapan berpindah-pindah pekerjaan meninggalkan stigma yang buruk. Wara-wiri di perusahaan yang berbeda merupakan hal yang wajar dalam dunia kerja. Jika itu memberikan kenyamanan pekerjaan yang lebih baik untuk Anda, tidak ada salahnya untuk memilih pindah kerja. Manfaatkan kesempatan yang ada di depan mata untuk membangun karir masa depan.

Ada cita-cita lain yang ingin diraih
Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, pekerjaan tak selalu menyangkut materi. Pekerjaan juga tentang mengejar cita-cita lain yang ingin diraih. Alasan ini juga jadi bahan pertimbangan yang sangat sering terdengar. Apabila Anda memiliki tujuan yang ingin dicapai, dan tampaknya hal itu sulit terealisasi jika tetap bertahan di perusahaan lama, pilihan keluar jadi alasan yang masuk akal.

Hal ini sering dikaitkan dengan visi misi perusahaan. Di mana seringkali karyawan mengejar sesuatu, namun tak memungkinkan karena terbentur aturan perusahaan. Ambil contoh saja, ada perusahaan yang tidak memperkenankan pekerjaan di bidang tertentu untuk melanjutkan studi.

Mencari tantangan baru
Alasan mencari tantangan baru untuk pindah kerja bisa sangat dimengerti. Banyak karyawan yang berpikir sangat dinamis dan memiliki banyak ide dan inovasi, namun kenyataannya tak bisa direalisasikan di perusahaan. Agar bisa mengeksplor kemampuan secara leluasa, tentunya pindah kerja adalah pilihan tepat. Ingat, setiap individu harus selalu senantiasa meng-upgrade diri dengan tantangan baru.

Jika di perusahaan tak memberikan peluang-peluang yang bisa mengembangkan kompetensi dan karir di masa depan Anda, mengapa harus menunggu lama untuk mencari tempat kerja yang bisa memberikan peluang tersebut?

Keempat alasan tersebut sangat rasional sebagai pertimbangan pindah kerja. Terkadang, pindah kerja ke perusahaan baru belum tentu selalu jadi solusi bagi masalah yang Anda temui di tempat kerja saat ini. Tetapi bila Anda yakin bahwa pindah kerja ke perusahaan lain membuka kesempatan yang lebih baik, jangan terhalang rasa takut untuk melakukannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *