Uncategorized

Cara Mengatasi Sikap Introvert di Dunia Kerja

Sering merasa kehabisan energi ketika harus bertemu orang banyak dan lebih senang berdiam diri di tempat sepi? Bila Anda berpikir “ini saya,” maka Anda termasuk seorang yang introvert.

Seringkali sikap introvert membuat seseorang sulit beradaptasi di dunia kerja karena mereka cenderung kurang nyaman berada di banyak orang. Namun, bukan berarti orang-orang introvert tidak bisa menonjol jika dibanding rekan kerja lain. Berikut ini cara-cara mengatasi sikap introvert di dunia kerja yang bisa Anda coba.

Kenali lingkungan kerja
Sikap introvert seringkali membuat Anda merasa canggung ketika berada di tempat baru dengan orang-orang yang belum dikenal. Jika tidak diatasi, kondisi ini bisa membuat kinerja Anda tidak maksimal. Untuk mempersiapkan diri, coba lakukan tur kantor dengan salah satu rekan kerja Anda. Ini juga bisa jadi momen untuk saling mengenal. Buatlah diri Anda senyaman mungkin di kantor dengan menaruh barang-barang yang familiar, seperti foto-foto atau dekorasi lainnya.

Lingkungan kerja juga erat kaitannya dengan relasi bersama rekan-rekan kerja. Bagi seorang introvert, dibutuhkan waktu yang lebih lama untuk bisa akrab bersama rekan kerja. Kuncinya adalah berpikiran terbuka. Saat diundang untuk makan siang bersama, jangan sungkan untuk menerimanya. Bila bingung dalam memulai topik pembicaraan, mulai saja dari pertanyaan-pertanyaan dasar seperti tempat lahir, almamater, dan hobi.

Jadikan sikap introvert sebagai senjata
Tidak perlu merasa aneh jika Anda seorang introvert. Justru Anda bisa mengubah sikap introvert menjadi aset kebanggaan Anda. Seorang ekstrovert memang lebih lantang dalam menyuarakan pendapat dan menjadikan introvert semakin tersembunyi, namun sikap introvert bisa menjadikan Anda sebagai pribadi yang pandai dalam mendengarkan, memahami, dan mencari solusi terbaik.

Daripada memberikan ide atau pendapat tanpa dasar, Anda yang memiliki sikap introvert akan lebih berhati-hati dalam berbicara. Dalam hal komunikasi, orang introvert cenderung lebih nyaman menggunakan tulisan dibanding ucapan. Tidak jadi masalah, Anda bisa mulai percakapan mengenai pekerjaan melalui email ketimbang diskusi langsung.

Budayakan positive thinking
Sikap introvert seseorang biasanya menyebabkan kemunculan rasa khawatir yang berlebihan. Kekurangan ini menjadikan Anda sebagai pribadi yang kurang mampu menerima kritikan, bahkan menutup diri sepenuhnya. Tinggalkan pemahaman buruk mengenai diri Anda, jadilah orang introvert yang percaya diri dengan mengadopsi pola pikir yang positif.

Ketika dihadapkan dengan kritik atau komentar pedas, jangan dimasukkan ke dalam hati. Ingatkan diri sendiri bahwa kritikan tersebut bermaksud untuk membantu Anda untuk bekerja dengan lebih baik, bukanlah sebagai ancaman apalagi serangan personal. Anda bisa juga membaca buku-buku self help untuk membantu Anda dalam membangun rasa percaya diri dan pola pikir positif.

Ambil waktu sejenak untuk istirahat
Salah satu ciri dari sikap introvert adalah keinginan untuk menyendiri. Bagi para ekstrovert, ciri ini dianggap sebagai hal yang aneh dan membuat mereka memandang Anda sebagai orang yang dingin. Anda juga akan sering merasa lelah ketika terlalu banyak melakukan interaksi sosial.

Tidak perlu diambil pusing, ini memang wajar sekali dialami oleh orang introvert. Maka dari itu, buatlah jadwal khusus untuk beristirahat sendiri dan menjauhi kegaduhan. Terutama bila Anda bekerja di sebuah perusahaan dengan open working space yang membuat semakin sulit untuk memiliki waktu tenang tanpa dikelilingi banyak orang.

Anda bisa meluangkan waktu 5 hingga 10 menit ketika istirahat atau setelah menyelesaikan pekerjaan untuk berjalan santai atau duduk di taman sambil membaca buku. Habiskan waktu akhir pekan Anda melakukan hobi atau berdiam diri di rumah untuk mengembalikan energi Anda ketika hari kerja menyambut.

Keluar dari zona nyaman
Seringkali pekerjaan menuntut Anda untuk melakukan hal-hal yang berada di luar zona nyaman. Awalnya Anda akan merasa ragu untuk melakukannya, tetapi coba pertimbangkan lagi alasan mengapa Anda tidak nyaman melakukannya. Apakah karena Anda merasa malu dan canggung? Atau apakah karena Anda masih belum terbiasa?

Jangan sampai sikap introvert Anda menjadi hambatan untuk mengembangkan karir. Coba lakukan saja terlebih dahulu, lama-lama Anda akan terbiasa. Keluar dari zona nyaman juga akan memperbanyak pengalaman kerja dan perlahan membantu Anda untuk bebas dari “cangkang.” Tidak ada yang tahu, bisa saja ternyata Anda menemukan passion atau hobi baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *