Uncategorized

Seluk-Beluk Commercial Director, Perancang Strategi Perusahaan untuk Bertumbuh

Seluk-Beluk Commercial Director,

Perancang Strategi Perusahaan untuk Bertumbuh

Berjiwa entrepreneur, optimis, dan memiliki kemampuan untuk memimpin, itulah sifat yang bisa menggambarkan commercial director. Seorang commercial director memimpin tim-tim yang membuat perusahaan menjadi mesin penghasil uang. Jika Anda membidik posisi ini, maka Anda sedang membuka diri untuk kesempatan yang lebih besar dalam mengembangkan pengetahuan, skills dan networking.

Di dalam artikel ini, kita akan membahas seluk-beluk jabatan commercial director yang terdiri dari:

  1. Tugas (job description)
  2. Tantangan
  3. Syarat untuk menjadi commercial director
  4. Perbedaan antara commercial director dan business development director
  5. Jenjang karier commercial director

Tugas Commercial Director

Dikutip dari telegraph.co.uk, commercial director adalah eksekutif yang berada dalam jajaran top manajemen yang mengarahkan dan mengawasi aspek-aspek komersial, termasuk pengembangan produk, mengidentifikasi peluang pasar baru, menentukan harga dan memimpin pemasaran. Commercial director juga mengembangkan hubungan dengan klien, membuat proposal bisnis dan penawaran. Sebagai kepala dari sebuah direktorat, maka ia mempunyai tanggung jawab mengatur anggaran.

Di sisi manajerial, divisi-divisi yang dipimpin seorang commercial director seperti Bayu Seto (Chief Commercial Officer di Gig by Indosat Ooredoo), antara lain, sales, marketing, product development, business development serta customer service. Supaya sukses, commercial director harus jeli memperhatikan tren yang ada di pasar saat ini dan prediksi tentang masa yang akan datang.

Tantangan Commercial Director

Commercial director bekerja di bawah tekanan tinggi, penuh dengan target dan tenggat waktu. Dituntut untuk membawa profit dalam periode waktu tertentu sudah pasti akan dihadapi oleh commercial director. Angka sangat mendominasi indikator keberhasilan. Salah satu contohnya, commercial director harus bisa membuktikan return of investment (laba atas investasi) dari program kerja.

Selain berurusan dengan angka, commercial director berinteraksi dengan banyak stakeholders. Akibatnya, rapat dan konferensi menjadi bagian besar yang mengisi waktu kerjanya. Commercial director yang baik akan berusaha selalu updated dengan kondisi industri (yang semakin cepat berubah).

Yang Dibutuhkan untuk Menjadi Commercial Director 

  1. Pengalaman dan pengetahuan di bidang sales, marketing atau bidang yang relevan

Supaya Anda dipertimbangkan untuk menduduki posisi commercial director, Anda harus terbukti menguasai bidang sales, marketing dan pengembangan bisnis (business development). Anda harus memiliki pengalaman sukses sebagai direktur di bidang yang relevan yang memimpin tim besar. Selain pengalaman manajerial, Anda juga perlu menunjukkan bahwa Anda pernah berhasil merancang strategi komersial. 

  1. Interpersonal and networking skills

Commercial director perlu interpersonal skills yang tinggi dan sangat terampil dalam networking. Interpersonal skills mencakup kemampuan mendengarkan, negosiasi, persuasi, manajemen konflik dan menciptakan iklim kolaborasi. Dalam kesehariannya, commercial director berhubungan dengan berbagai pihak, contohnya dengan CEO, sesama direktur, manajer, staf, mitra, supplier, konsultan, klien dan lain-lain. Kemampuan interpersonal dan networking bisa memudahkannya untuk bekerja sama dengan pihak-pihak tersebut dan menemukan peluang baru.

  1. Kemampuan memimpin

Terdapat banyak tim di dalam divisi-divisi yang dikelola oleh commercial director, sehingga perlu kemampuan untuk mengarahkan atau memotivasi bawahannya agar target tercapai. Sebagai seseorang yang menduduki level tinggi, commercial director juga bertanggung jawab untuk mendidik subordinates-nya supaya mereka bisa menjadi pemimpin di masa depan dan keberlangsungan perusahaan terjaga.

  1. Kemampuan menggunakan komputer

Keterampilan lain yang dibutuhkan adalah mengoperasikan komputer, manajemen proyek dan waktu. Commercial director tidak boleh ‘gaptek’ (gagap teknologi). Paling tidak, commercial director  bisa menggunakan customer relationship management databases.

  1. Manajemen proyek dan manajemen waktu

Proyek yang diawasi oleh commercial director tentu tidak hanya satu. Tahapan suatu proyek dengan yang lain bisa berbeda-beda. Sehingga, kemampuan manajemen proyek dan manajemen waktu yang baik menjadi sangat penting.

Perlu ditekankan bahwa manajemen aspek komersial perusahaan tidak hanya menyangkut masalah teknis, commercial director harus bisa ‘membaca’ pasar. Oleh sebab itu, commercial director perlu melihat situasi dengan perspektif yang lebih luas dari disiplin ilmunya sendiri, terus belajar dan berbagi ide.

Perbedaan antara Commercial Director dan Business Development Director

Setelah membaca tentang tugas-tugas commercial director, mungkin Anda bertanya-tanya apa perbedaannya dengan business development director. Semuanya mempunyai tujuan yang sama, ‘mengantarkan’ produk ke tangan konsumen dan membuat bisnis perusahaan tumbuh. Ada perusahaan yang memiliki fungsi commercial dan business development maupun yang hanya memilih salah satu. Perbedaan antara keduanya tidak lepas dari kebijakan perusahaan.  

Sebagai contoh, di Gig by Indosat Ooredoo, business development berada dalam commercial. Business development fokus pada mencari kesempatan baru, seperti pasar dan mitra yang potensial. Sementara commercial mencakup bidang lebih luas, mulai dari pengembangan produk, pemasaran, penjualan hingga pelayanan.

Jenjang Karier Commercial Director

Seseorang yang menjadi commercial director biasanya berlatar belakang dari pemasaran atau bisnis. Tamat S2 atau magister dapat memberikan nilai tambah. Sebelum dipercaya sebagai commercial director, Anda sebaiknya memperkaya pengalaman memimpin tim dan membuat rencana strategis elama 5-10 tahun. Pada umumnya pengalaman itu didapat ketika menjabat sebagai manajer yang menangani aspek komersial perusahaan (pemasaran, sales, product development, pelayanan pelanggan, dll.).

Menjadi commercial director adalah langkah besar dalam karier Anda sebab Anda memiliki posisi strategis yang memungkinkan Anda untuk mempunyai networking yang luas. Selain itu, Anda akan diberikan tantangan yang akan mengembangkan kemampuan Anda. Yang lebih menguntungkan lagi, commercial director bisa menyebarkan pengaruhnya di industri melalui pekerjaannya. Maka, kesempatan untuk semakin maju dalam berkarier juga terbuka lebar.


Click here for executive career opportunities or vacancies at Parrish & Co.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *