Uncategorized

Terkena PHK, Ini 4 Cara Untuk Terus Bertahan di Tengah Corona

Di tengah situasi pandemi karena penyebaran virus corona yang masih masif dan jadi permasalahan global ini, tidak sedikit perusahaan yang mengambil jalan efisiensi dengan melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) pada karyawan. PHK adalah jalan terbaik menurut beberapa instansi dan perusahaan demi memastikan dana operasional masih bisa diberdayakan di saat-saat yang tidak pasti ini.

Sementara bagi karyawan sendiri, PHK adalah mimpi buruk. Ini berarti sumber penghasilan utama mereka tidak lagi dapat terpenuhi di bulan-bulan yang akan datang. Namun ternyata, walau di tengah musibah pun, beberapa karyawan dapat mengambil langkah-langkah untuk tetap bertahan di tengah pandemi dan kondisi ekonomi kini. Berikut beberapa solusi yang dapat kamu coba.

Tekan pengeluaran
Cara yang pertama ini sudah sangat jelas, di mana kondisi PHK adalah kondisi yang membuat kamu tidak lagi memiliki sumber pemasukan sementara pengeluaran akan terus berjalan. Jadi, salah satu cara yang kamu lakukan untuk bertahan adalah menekan sebisa mungkin pengeluaran-pengeluaran yang tidak perlu selama beberapa waktu ke depan. Sementara itu, kamu bisa berusaha mendapatkan pekerjaan baru atau melakukan strategi yang lainnya.

Untuk membantumu, tidak ada salahnya membuat tabel anggaran baru supaya lebih mudah mencoret anggaran pengeluaran yang tidak perlu. Termasuk melakukan beberapa kiat untuk membuat pengeluaran vital seperti sewa tempat tinggal, makan dan minum, serta biaya internet dan listrik jadi lebih hemat. Kurangi penggunaan dan pakai hanya saat dibutuhkan saja, lalu sebisa mungkin untuk memasak makananmu sendiri alih-alih membeli di luar.

Beralih jadi freelancer
Tidak ada salahnya juga untuk membuka jasa freelancer atau menjadi pekerja lepas tanpa kontrak terikat. Memang benar pekerjaannya tidak mungkin selalu ada dan penghasilannya pun tidak tetap, walau dalam sekali proyek dapat menghasilkan bayaran yang cukup tinggi. Namun, ini layak untuk dicoba dalam rangka bertahan di tengah pandemi dan membantu kamu untuk menciptakan sumber penghasilan lain.

Kamu bisa memeriksa beberapa jenis pekerjaan lepas yang mungkin untuk kamu kerjakan dari rumah atau kos kamu sekarang. Atur waktu kamu sebaik mungkin, sehingga kamu dapat mengerjakan lebih dari satu pekerjaan secara lepas dalam satu waktu.

Periksa juga harga jasa pekerjaan yang akan kamu patok untuk dirimu sendiri agar tidak terlalu rendah juga tidak terlalu tinggi dengan harga jasa tersebut di pasar kini. Promosikan dirimu di platform pekerja lepas atau media sosial juga agar lebih banyak orang tahu kalau kamu menerima pekerjaan lepas dan tertarik untuk menggunakan jasamu.

Berjualan online
Selain menjadi pekerja lepas, kamu juga bisa memulai untuk berjualan online. Di tengah pandemi ini, lebih sedikit orang yang berbelanja keluar rumah. Beberapa dari mereka lebih tertarik untuk berbelanja secara online. Ini bisa jadi kesempatan bagi kamu untuk menghadirkan layanan belanja online bagi mereka yang tidak ingin keluar rumah ini.

Barang-barang yang akan kamu jual pun bisa kamu segmentasikan sendiri. Paling ideal untuk menyesuaikan produk yang dijual dengan kebutuhan orang-orang sekarang ini. Seperti misalnya kebutuhan rumah tangga, bahan makanan, alat-alat kebersihan, pakaian, makanan jadi, dan seterusnya. Memberikan jasa top up atau isi ulang untuk pulsa, listrik, air juga bisa jadi pilihan kamu untuk bertahan di tengah pandemi corona ini.

Menjadi content creator
Cara yang terakhir ini bisa kamu lakukan jika kamu memiliki bakat atau gagasan khusus untuk disajikan sebagai bahan tontonan yang bernilai. Misalnya dengan menjadi content creator. Content creator ini macam-macam, bisa dalam bentuk fotografi, desain grafis, video editing, dan sebagainya. Kamu dapat menjadikan ini sebagai sumber penghasilanmu yang lain dan tetap dapat memenuhi kebutuhan kamu sehari-hari.

Apalagi jika kamu adalah salah satu orang yang gemar akan hal-hal yang berbau visual dengan berbekal ide utama. Kamu dapat membicarakan atau membahas hal-hal terkait spesialisasimu, hobi yang kamu tekuni, atau sekadar mengulas produk. Termasuk juga review lagu, video klip, makanan, film, buku, dan masih banyak lagi. Selama kamu bisa produktif dan lebih menghasilkan, rasanya ini layak dicoba.

Benar memang PHK adalah hal yang bisa membuat kamu merasa buntu, namun jangan membiarkan kondisi tersebut berlangsung lama. Selama kamu masih memiliki kemampuan, spesialisasi ilmu atau apapun itu, kamu harus memanfaatkan segala sumber daya yang kamu miliki untuk bangkit kembali.

Meta desc : Karyawan dapat mengambil langkah-langkah untuk tetap bertahan di tengah pandemi dan kondisi ekonomi kini, ini beberapa caranya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *