Saat melamar kerja, tentunya wajib melampirkan surat lamaran kerja. Namun, bagi sebagian orang ada yang belum memahami cara penulisan surat lamaran yang menarik. Surat lamaran ini menjadi hal penting sebagai penentu Anda lolos seleksi selanjutnya.
Untuk itu Anda harus bisa mempromosikan diri dengan baik dan benar melalui surat lamaran yang dibuat agar memiliki nilai lebih di mata perusahaan. Dalam artikel ini akan dibahas cara membuat surat lamaran agar dilirik HRD. Penasaran? Mari kita simak bersama!
Cara Membuat Surat Lamaran Kerja
Surat lamaran yang menarik tentunya menjadi nilai tambah tersendiri dari para HRD. Dengan begitu, peluang lolos ke seleksi selanjutnya pun juga tinggi. Berikut beberapa langkah cerdas yang dapat Anda lakukan untuk membuat surat lamaran yang menarik:
1. Susun Surat Lamaran Secara Efektif
Penyusunan surat lamaran secara efektif maksudnya menggunakan tata bahasa yang rapi, pemilihan kata yang tepat, serta penyampaian yang lugas. Kualitas surat lamaran yang dibuat pelamar menjadi kesan pertama di mata HRD.
Pastikan Anda membuat surat lamaran yang singkat, padat, dan tidak bertele-tele. Anda tidak perlu membuat tim HRD terkesan dengan surat lamaran yang ditulis menggunakan kata-kata sulit.
Selain itu, jangan menulis surat lamaran melebihi satu halaman. Tim HRD lebih suka surat lamaran kerja yang isinya singkat dan padat.
2. Lakukan Riset Mengenai Perusahaan yang Dituju
Setiap perusahaan pasti mempunyai kualifikasi sendiri untuk mencari karyawan kompeten. Perusahaan satu dengan lainnya pasti memiliki kriteria yang tidak sama. Begitu juga dengan struktur surat lamaran yang diminta.
Untuk itu, perlu melakukan riset mendalam guna mengetahui isi dari surat lamaran yang dibutuhkan. Jangan asal kirim, terlebih mengirim satu surat lamaran ke beberapa perusahaan menggunakan template yang sama.
3. Pahami Susunan Isi Surat Lamaran
Isi dari surat lamaran kerja secara umum mempunyai kualifikasi baku dalam penulisannya. Untuk itu, tidak boleh asal dalam menyampaikan poin, karena semua sudah tertata serta berurutan. Memahami kaidah penyusunan surat lamaran bisa menunjukkan kesan pelamar memiliki intelektual yang bagus.
4 Pastikan Tidak Ada Kesalahan Penulisan
Setelah menyusun surat lamaran, pastikan semuanya telah benar. Jangan sampai terjadi kesalahan penulisan, tata bahasa, ejaan, atau terdapat kata yang berulang.
Memang penting sekali memahami cara penyusunan surat lamaran kerja agar menarik perhatian HRD. Semoga tips-tips di atas dapat menambah pengetahuan Anda tentang bagaimana menulis surat lamaran yang baik dan benar
Namun, hanya bergantung pada surat lamaran yang menarik tidak cukup untuk mendapatkan pekerjaan, terutama di era modern seperti ini. Anda juga harus memiliki dukungan untuk menuju ke dunia kerja yang luas. Dengan bantuan agensi rekrutmen seperti Parrish&Co, Anda akan dihubungkan dengan banyak pekerjaan di berbagai bidang industri.
Jadi, jangan ragu untuk mengunjungi Parrish&Co dan dapatkan pekerjaan impian Anda!