Membangun relasi kerja memiliki beragam manfaat, salah satunya membantu meningkatkan karier Anda. Semakin luas Anda memiliki relasi (networking), maka akan semakin mudah untuk meningkatkan karier.
Jika Anda belum bekerja, maka ada kesempatan untuk memperluas relasi demi meningkatkan peluang cukup banyak dalam proses pencarian kerja. Dalam artikel ini akan dijelaskan beberapa cara untuk meningkatkan relasi yang bisa Anda coba. Simak hingga tuntas!
Cara Meningkatkan Relasi dalam Dunia Kerja
Relasi atau networking adalah sesuatu yang bermanfaat, terutama di dalam dunia kerja. Dengan relasi yang banyak, Anda dapat dengan mudah mendapat informasi, bahkan bisa meningkatkan karier Anda. Berikut beberapa tips meningkatkan relasi yang bisa Anda terapkan:
1. Beranikan Diri Berkenalan dengan Orang Baru
Bagi orang berkepribadian introvert, mungkin berkenalan dengan orang baru menjadi hal yang tidak mudah. Namun, seperti yang telah diketahui bahwa networking bisa mempengaruhi perkembangan karier seseorang.
Saat memasuki lingkungan baru, baik itu dalam sebuah organisasi ataupun tempat kerja, jangan malu untuk memperkenalkan diri terlebih dulu. Jangan malu terlibat dalam sebuah pembicaraan.
Namun, Anda harus mampu membaca situasi sebelum bergabung dalam pembicaraan bersama orang lain. Pastikan Anda memahami topik yang dibicarakan, sehingga bisa mengutarakan pendapat ketika bergabung dengan mereka.
2. Bergabung dengan Komunitas atau Organisasi
Ini adalah cara efektif untuk membangun relasi kerja. Dengan bergabung dalam sebuah komunitas atau organisasi yang sesuai dengan karier impian, Anda akan menjumpai banyak orang yang menyukai hal yang sama. Dari sini, Anda akan mendapatkan banyak informasi mengenai dunia kerja.
3. Manfaatkan Media Sosial
Zaman sekarang, media sosial bisa digunakan untuk membangun relasi yang lebih luas lagi. Misalnya, LinkedIn yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat akun profil profesional serta meningkatkan koneksi dengan banyak orang.
Akun media sosial yang lain seperti Instagram dan Twitter juga dapat Anda manfaatkan. Buat profil akun media sosial Anda terkesan profesional serta jalin pertemanan dengan orang-orang yang memiliki pengaruh terhadap karier impian Anda.
4. Jaga Hubungan dengan Relasi Anda
Ketika telah memiliki relasi, maka jaga hubungan agar tidak terputus. Meskipun tidak bisa berhubungan secara intens, Anda bisa sekadar menanyakan kabar atau memanfaatkan media sosial untuk sekadar mengomentari postingan mereka di LinkedIn supaya hubungan tetap terjaga.
Dalam dunia kerja yang kompetitif seperti saat ini, relasi kerja yang baik adalah kunci keberhasilan. Bertemu dengan orang-orang baru dan membangun jaringan profesional bisa membuka peluang-peluang baru yang menarik dalam karier Anda.
Jika Anda hanya memiliki sedikit relasi namun ingin mengembangkan karier, tak perlu risau. Melalui Parrish&Co, Anda dapat dengan mudah meningkatkan karier dan juga menambah relasi. Parrish&Co siap menjadi jembatan yang menghubungkan Anda dengan perusahaan-perusahaan berkembang di berbagai industri.
Jadi, segera kunjungi Parrish&Co dan dapatkan perkembangan karier yang memuaskan!